Buat Anakmu Gila Baca !

A. Mengembangkan Minat Membaca pada Anak yang Belum Mampu Membaca

Orang tua harus sadar bahwa kebiasaan membaca sangat besar manfaatnya. Kebiasaan itu dapat menjadi sarana untuk memperkaya khazanah pengetahuan dan wawasan anak dan membuat seorang anak lebih mudah menekuni atau mengikuti pelajaran di sekolah. Dari hasil penelitian, menunjukan bahwa semua anak yang telah mampu membaca saat masih duduk di bangku TK tidak mengalami kesulitan menerima pelajaran ketika masuk sekolah dasar. Orang tua mereka telah mengajari membaca sejak anaknya berumur 3 atau 4 tahun. Bahkan, ada ibu yang telah mengajarkan beberapa huruf atau mengenalkan buku-buku ketika anak mereka belum genap berusia 1 tahun.

Terkait itu, ada beberapa tahapan yang dibangun dalam rangka mengembangkan minat membaca.

Di antaranya adalah sebagai berikut :

  1. Berawal dari Sebuah Cita-Cita
    Adanya cita-cita hidup berbahagia dengan anak-anak yang tumbuh normal dan cerdas menjadikan orang tua mempunyai motivasi yang besar untuk mendidik anak-anaknya. Orang tua memberi perhatian dan memberi waktu yang cukup bagi anak. Selain itu orang tua bersikap positif terhadap anak dan bertekad untuk menjadikan menjadikan anaknya sukses. Adanya kemauan yang keras dari orang tua untuk menjadikan anaknya berhasil, berasal dari pandangan mereka terhadap aktivitas membaca.Orangtua yang menginginkan minat membaca pada anaknya berkembang, harus dimulai dari adanya cita-cita yang kuat untuk diwujudkan pada diri orang tua itu sendiri. Cita-cita ingin mencerdaskan anaknya pada diri orang tua itu, harus dipahami juga oleh anaknya. Dengan demikian, harus ada kerja sama yang selaras antara orang tua dan anak agar cita-cita itu dapat terwujud.
  2. Mengenalkan Buku kepada Anak Sejak Dini
    Pengenalan buku pada anak sedini mungkin menjadi hal yang tidak bisa ditawar lagi bila orang tua ingin melihat anaknya tumbuh dengan cerdas. Memperkenalkan buku pada anak tidak hanya diberikan kepada anak yang berumur 2-3 tahun, tetapi juga kepada anak yang masih dalam kandungan.
  3. Ketika Anak Berumur Kurang dari 3 Tahun
    Saat anak berumur kurang dari 3 Tahun, masa ini merupakan tahapan mengenalkan buku kepada anak. Anak mulai dibiaskan dengan lingkungan buku. Anak hendaknya selalu berinteraksi langsung dengan buku. Selainnya itu, ibu juga bisa membacakan buku dan mengenalkan buku kepada anak, harus dilakukan dalam suasana yang menyenangkan dan gembira. Kegiatan ini bisa dilakukan dengan cara bermain.
  4. Ketika Anak Berumur 6-7 Tahun
    Pada umur 6-7 tahun, minat membaca anak semakin tampak. Saat itu, tindakan yang bisa dilakukan orang tua dalam mengenalkan buku kepada anak sejak dini adalah menata tata letak buku. Orang tua bisa lebih mengenalkan, mendekatkan, serta mengakrabkan buku kepada anak dengan membuat lingkungan yang ada  di sekitar anak terdapat banyak buku yang mudah dijangkau.

B. Sediakan Waktu yang Cukup untuk Anak
Menyediakan waktu yang cukup untuk anak dimaksudkan agar anak suka membaca. Oleh karena itu, sejak dini harus ditanamkan kepada anak-anak agar mereka tidak hanya bisa membaca, tetapi juga menyukai buku bacaan dan mempunyai inisiatif untuk membaca secara mandiri.
Anda telah mengetahui cara-cara mengembangkan minat membaca pada anak sejak dini. Kini, mari kita akhiri dengan mengingat beberapa hal yang tidak boleh dilakukan yakni jangan membuat anak merasa bosan, jangan menekan anak, dan jangan tegang. Selain itu ada berbagai hal yang boleh dilakukan, yaitu bergembira, kreatif, dan menjawab semua pertanyaan.

C. Mengembangkan Minat Membaca pada Anak yang Sudah Membaca
Beberapa hal yang dapat dilakukan orang tua dalam mengembangkan minat membaca pada anak yang telah mampu membaca adalah sebagai berikut :

  1. Buku Cerita Bergambar (Komik) sebagai Awal Minat untuk Membaca
    Komik dapat digunakan sebagai cara untuk membuat anak suka membaca. Di samping itu, komik juga dapat memperkaya dan mengembangkan pengetahuan anak dan membantu orang tua untuk lebih mengenal potensi anak.
  2. Jadikan Rumah sebagai Tempat yang Menyenangkan untuk Membaca
    Sebenarnya, ruang mana pun di rumah bisa digunakan untuk membaca dan menimbulkan perasaan yang menyenangkan bagi anak. Dan, ruang yang biasanya ideal untuk membaca adalah ruang keluarga atau ruang tamu. Dalam hal ini, perlu dipahami bahwa rumah yang menjadi tempat menyenangkan untuk membaca tidak mesti selalu ruangan membaca.
  3. Bahan Bacaan yang Disukai Anak
    Memberikan buku kepada anak disesuaikan dengan minat anak. Pemberian buku yang tidak tepat pada anak akan menjadi bumerang bagi upaya melatih anak untuk menyukai membaca. Memberikan buku yang sesuai dengan minat anak akan memacu anak lebih cepat memahami isi buku.

D. Apa yang Harus Dilakukan untuk Mengembangkan Minat Baca pada Anak
Minat membaca tidak dapat berkembang dengan sendirinya. Minat membaca harus dibiaskan serta  dikondisikan sejak anak berusia dini. Banyak persoalan yang didapatkan ketika menanamkan minat membaca pada anak.  Berikut ini adalah penjelasan dari beberapa masalah dalam menanamkan minat membaca kepada anak :

  1. Anak Cepat Bosan dan Tidak Tertarik dengan Buku
    Rasa bosan pada anak bisa diatasi dengan kreativitas orang tua dalam bercerita. Membacakan cerita  yang monoton dan tidak disertai dengan ekspresi wajah akan membuat anak cepat bosan. Oleh karena itu, orang tua harus dapat membawakan cerita dengan intonasi yang sesuai dengan alur cerita, misalnya dengan suara yang keras atau sesekali melucu.
  2. Ketika Anak Merusak Buku
    Sebaiknya alihkan perhatian anak ke benda lain ketika ia mulai ingin merobek atau menggigit buku, misalnya alihkan ke mainan yang khusus untuk digigit. Orang tua bisa mengatakan kepada anak dengan lemah lembut bahwa buku bukan untuk dirobek atau digigit, tetapi untuk dibaca.
  3. Buku yang Tepat dan Baik untuk Anak
    Memberikan buku yang tepat dan baik untuk anak bukan perkara mudah. Hampir sebagai besar anak menyukai buku bacaan. Akan tetapi dari semua buku bacaan, ada beberapa jenis buku yang menjadi kegemaran anak. Dengan memberikan buku bacaab yang tepat atau yang paling disukai akan mendukung tumbuhnya minat baca pada anak.

Semoga tulisan singkat ini dapat bermanfaat, khususnya bagi penulis sendiri, umumnya untuk para pembaca yang tidak pernah bosan untuk mencari tahu ilmu-ilmu baru. Dan penulis mengucapkan banyak terimakasih kepada anda yang sudah meluangkan waktunya untuk membaca tulisan ini.

Kutipan dari

buku berjudul “Buat Anakmu Gila Baca!”
Galuh Wicaksana

No Comments

Post A Comment